4 Tips Praktis Mensiasati Tagihan Listrik yang Membengkak Saat Memakai AC

Tagihan listrik AC yang Anda gunakan untuk menyejukkan ruangan bisa jadi sangat membengkak ketika cuaca terasa begitu panas. Namun di sisi lain, sulit juga untuk Anda bisa merasakan nyaman di rumah tanpa menyalakan AC.

Tapi, tahukah Anda jika ada cara yang bisa dilakukan untuk menghemat konsumsi listrik AC di rumah? Ya, Anda bisa melakukannya dengan beberapa tips praktis berhemat listrik berikut ini.

  1. Mengurangi Paparan Matahari

Rumah yang terang dan banyak menerima sinar mataharilangsung mungkin akan tampak indah di foto namun ternyata hal ini juga bisa menjadi penyebab temperatur ruanganan menjadi tinggi. Jika sinar matahari menembus langsung melalui jendela, maka AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.

Solusi sederhananya adalah dengan mengurangi jumlah paparan sinar matahari di rumah Anda dengan menggunakan kerai atau gorden. Cara lain adalah dengan menempatkan tumbuhan berdaun besar di dekat sumber cahaya, cara ini juga bisa mengurangi cahaya yang masuk sekaligus membuat ruangan jadi tampak lebih sejuk.

tagihan listrik naik tips

  1. Gunakan Kipas Tangan

Di banyak kesempatan, seringkali AC tidak terasa begitu sejuk karena sirkulasi udara yang buruk. Perbaiki kondisi ini dengan menggerakan udara yang ada di dalam ruangan. Anda bisa menggunakan koran atau majalah sebagai kipas angin. Turunkan temperatur AC 2 derajat selagi Anda mengipasi ruangan sekitar 3-5 menit. Saat berhenti mengipasi, ruangan akan terasa lebih nyaman dan sejuk.

  1. Bersihkan Ventilasi

Ventilasi AC (tempat di mana udara dingin berhembus) biasanya akan cepat kotor dan tersumbat. Kondisi ini bisa membuat konsumsi listrik AC semakin boros. Membiarkan ventilasi tersumbat  untuk waktu yang lama juga akan merusak AC.

Memperbaiki AC yang rusak akan membuat pengeluaran Anda lebih membengkak daripada hanya membayar tagihan listrik. Jadi biasakan untuk membersikan ventilasi AC minimal sebulan sekali. Hanya butuh waktu sekitar 15 menit tapi Anda bisa menghemat hingga ratusan ribu rupiah.

  1. Gunakan Timer atau Thermostat

Jika Anda biasa tidur dengan AC menyala, mulailah untuk menggunakan timer atau thermostat. Bayangkan, jika Anda tidur 7 jam setiap malam, artinya dalam sebulan Anda menggunakan daya listrik 210 jam selama tidur.

Menggunakan timer atau thermostat juga baik untuk lingkungan dan menghemat uang dalam jangka waktu panjang. Jika Anda membiasakan diri untuk menyalakan AC sepanjang malam, ini juga akan membuat AC cepat rusak.

Please follow and like us:
4 Tips Praktis Mensiasati Tagihan Listrik yang Membengkak Saat Memakai AC