4 Mitos tentang Charging Baterai Laptop dan Smartphone

Sebagai sebuah bagian yang vital bagi smartphone dan laptop Anda, baterai ternyata masih memiliki beberapa mitos yang dianggap fakta oleh kebanyakan orang. Di bawah ini Anda akan menemukan 4 mitos mengenai baterai yang dipercaya bahwa hal tersebut benar oleh banyak orang.

  1. Menggunakan Charger Harus yang Bermerk

Banyak orang yang berpikir bahwa mereka harus menggunakan charger bermerk untuk menjaga agar kondisi baterai tetap baik. Sebagai contoh, Anda memiliki sebuah smartphone Samsung dan kebetulan charger baterai Anda rusak. Jangan buru-buru menghabiskan sejumlah uang untuk membeli charger asli Samsung karena takut baterai smartphone Anda rusak. Menggunakan charger lain pun sebenarnya tidak masalah sama sekali.

mitos charging baterai hp laptop

Mungkin yang menjadi kendala adalah proses charging yang tidak optimal karena daya yang dikeluarkan oleh charger yang tidak bermerk tersebut berbeda dari charger yang bermerk. Akan tetapi, sekali lagi, tidak ada hubungannya antara baterai yang rusak dengan penggunaan charger yang tidak bermerk. Pastikan saja keluaran dayanya sama dan seharusnya tidak ada masalah apa-apa. Hal ini juga berlaku bagi laptop.

  1. Bolehkah Menggunakan Smartphone/Laptop Saat Dicharge?

Pertanyaan ini sering ditanyakan para pengguna gadget. Ada sebuah kepercayaan, khususnya para pengguna smartphone bahwa saat sedang dicharge, sebaiknya smartphone tidak digunakan sama sekali. Kalau ingin digunakan, cabut charger terlebih dahulu. Kepercayaan ini sebenarnya tidak beralasan. Coba saya tanya, pada saat sedang dicharge, apakah smartphone dalam keadaan mati atau menyala? Kebanyakan orang akan tetap menyalakannya. Nah, pada saat smartphone Anda sedang dicharge dalam keadaan menyala, apakah data internet dan proses sinkronisasi tidak berjalan? Tetap berjalan bukan? Artinya, dalam keadaan dicharge dan Anda geletakkan begitu saja, smartphone Anda tetap bekerja.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan smartphone saat dicharge. Hanya saja, pastikan penggunaannya dalam tahap wajar. Usahakan untuk tidak menggunakan fungsi smartphone untuk keperluan fitur yang berat seperti untuk bermain game. Memainkan game saat dicharge akan membuat baterai menjadi cepat panas dan hal ini bisa menurunkan performa baterai jika terjadi berulang-ulang.

main hp saat cas

  1. Mengecharge Baterai Semalaman Akan Merusak Baterai?

Hal ini bisa jadi benar bisa jadi tidak tergantung jenis smartphone yang Anda miliki. Smartphone jaman sekarang ini sudah amat sangat cerdas. Ada sebuah fitur yang tidak Anda ketahui yang akan membuat aliran listrik dari charger akan terputus saat baterai sudah dalam posisi full. Jadi bisa dibilang mengecharge semalaman tetaplah aman. Akan tetapi jika smartphone Anda merupakan jenis yang lama, bisa jadi hal ini benar karena belum adanya teknologi yang disebutkan di atas tersemat dalam smartphone Anda. Lalu bagaimana dengan laptop? Sebelas, dua belas dengan smartphone. Untuk laptop jenis baru, mengecharge semalaman bukanlah hal yang perlu Anda risaukan. Akan tetapi sebaiknya tidak Anda lakukan jika Anda memiliki laptop dengan jenis lama.

  1. Penggunaan Internet Merupakan Hal Yang Paling Menguras Daya Baterai?

Lagi-lagi hal ini merupakan mitos yang salah. Dan sayangnya banyak orang yang percaya. Penggunaan internet ternyata bukanlah hal yang paling menguras daya baterai laptop dan smartphone. Malahan, penggunaan internet tergolong sebagai penggunaan yang sangat normal. Yang paling menguras daya baterai adalah bermain game baik itu dengan menggunakan laptop maupun smartphone. Alasannya adalah karena saat bermain game, gadget Anda akan secara optimal menggunakan kartu grafis (untuk laptop) dan GPU/Graphic Processing Unit (untuk smartphone). Saat bagian tersebut aktif secara optimal, daya baterai akan cepat terkuras.

Please follow and like us:
4 Mitos tentang Charging Baterai Laptop dan Smartphone